Strategi Pemanfaatan Sumber Daya Informasi (resume bag 5)


Pemanfaatan Sumber daya informasi sebagai langkah strategis

Sebagaimana telah disampaikan bahwa strategi segitiga sistem informasi atau The Information Systems strategy Triangle merupakan framework. Strategi tersebut mencerminkan hubungan antara strategi Sistem Informasi dan strategi organisasi sebagai bagian internal perusahaan. Dengan jelas kita juga dapat menyimpulkan bahwa adanya hubungan antara strategi sistem informasi dan strategi bisnis juga merupakan kebutuhan eksternal perusahaan. Kombinasi ini merupakan bentuk efektivitas strategi bisnis perusahaan yang mensyaratkan dan mengharuskan bahwa manajer dapat menggunakan perannya dalam mengidentifikasi dan menggunakan sumber daya informasi bagi kebutuhan organisasi. Bagaimana sumber daya informasi dapat digunakan secara strategis oleh para manajer? Tentu saja jawabannya adalah diperlukan pengelolaan sumber daya Informasi yang mumpuni sebagai langkah strategis organisasi. Pengelolaan dalam hal ini adalah pemanfaatan Sumber Daya Informasi sebagai upaya peningkatan Value Chain Organisasi dalam mencapai Keunggulan yang Kompetitif. Sumber daya informasi yang dimaksud dalam konsep ini adalah

  1. Aset Teknologi Informasi, aset disini meliputi infrastruktur sistem informasi yaitu data, teknologi, manusia dan proses serta repository informasi sebagai media kolektif dan relasi antar data yang digunakan oleh perusahaan.
  2. Kapabilitas teknologi Informasi, tiga kategori utama dari kapabilitas teknologi informasi adalah kemampuan teknis, keterampilan pengelolaan manajemen teknologi Informasi, dan keterampilan menghubungkan antar unit

Dalam hal ini organisasi harus mampu mengadopsi peran strategis sistem informasi untuk mengatasi permasalahan internal maupun eksternal perusahaan dengan upaya mengoptimalkan sumber daya informasi. Momentum inilah yang menciptakan suatu kondisi di mana perusahaan mencari para ahli yang mampu membuat aplikasi sistem yang mampu memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan para pesaing. Selain itu pula mereka juga mencari aplikasi yang mampu menjaga aktivitas organisasi sebagai sebuah model bisnis yang inovatif  dalam memasuki era pasar yang baru. Dengan optimalisasi sumber daya informasi maka perusahaan mampu menciptakan nilai tersendiri bagi para konsumennya. Setiap pelanggan pada prinsipnya memilikii kebutuhan informasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung pada posisi mereka dalam suatu industri. Gambar berikut menjelaskan potensi posisi setiap pelanggan terhadap perusahaan :

 

Daftar Pustaka

Pearlson Keri E., C. Saunders Carol.(2010).Managing & Using Information Systems; A Strategic Approach, United State Of America : John Wiley & Sons, Inc.

 


Leave a Reply