Resiko pemanfaatan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Informasi(resume bag 6)


Ketika sistem informasi dipilih sebagai alat yang digunakan untuk melampaui pesaing perusahaan, eksekutif dalam hal ini manajer harus menyadari dari banyak risiko yang mungkin muncul. Beberapa risiko tersebut adalah

  • membangunkan raksasa tidur, yang dimaksud membangunkan raksasa tidur adalah apabila pemanfaatan sistem informasi digunakan untuk ’menyikut’ pesaing yang lebih besar maka pesaing pun akan berupaya melakukan langkah yang sama dengan nilai investasi yang jauh lebih besar bahkan bisa menambahkan nilai pemanfaatannya.
  • Menunjukkan waktu yang tidak tepat, pemanfaatan informasi memberikan kesalahan dalam memperkenalkan produk baru yang dirasakan belum perlu untuk digunakan oleh pasar.
  • Mengimplementasikan Sistem informasi yang tidak handal, dalam hal ini sistem informasi tidak dapat optimal diimplementasikan dikarenakan proses bisnis yang dilakukan tidak tepat atau bahkan berlebihan dalam ekspektasinya.
  • berbasis web alternative menghilangkan peluang lainnya. Terpaku pada pemanfaatan web menyebabkan pelanggan hanya mengetahui kebutuhan produk berdasarkan web.
  • Pelaksanaan Sistem informasi melanggar aturan hukum yang berlaku.

 

Daftar Pustaka

Pearlson Keri E., C. Saunders Carol.(2010).Managing & Using Information Systems; A Strategic Approach, United State Of America : John Wiley & Sons, Inc.

 


Leave a Reply