Antara Informasi, Manajer & Perusahaan (resume bag 1)


Era Informasi saat ini menyebabkan terjadinya persaingan bisnis yang sangat ketat dan kompetitif. Dalam hal ini konsumen sangat  ‘dimanjakan’ dengan berbagai ketersediaan informasi yang memudahkan untuk memilih produk barang atau jasa  yang dirasakan sesuai dengan kebutuhan mereka.  Peran pelaku bisnis dalam hal ini para manajer sebagai pemegang sekaligus pengelola usaha sangat penting. Pengelolaan informasi merupakan suatu keterampilan yang penting untuk mencapai keberhasilan dalam lingkungan bisnis saat ini. Seluruh keputusan atau kebijakan yang diambil oleh perusahaan pada dasarnya melibatkan dua sisi penting yaitu pengelolaan manajemen yang unggul dan pemanfaatan Sistem Informasi yang mumpuni. Setiap waktu para manajer harus selalu ‘mengetahui’ kemampuan organisasi mereka dalam menggunakan dan mengelola informasi sebanyak yang mereka butuhkan untuk mengelola dan mendapatkan sumber daya keuangan bagi perusahaan. Pada dasarnya  saat ini para manajer mengetahui pentingnya informasi sebagai kebutuhan primer perusahaan. Namun paradigma yang ada saat ini adalah perusahaan sebenarnya menyadari bahwa sistem Informasi merupakan bagian penting dalam pengambilan keputusan namun juga mengeluhkan besarnya nilai yang harus diinvestasikan dalam mengelola teknologi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, disinilah pentingnya peran seorang manajer dalam mengambil keputusan  dan mengelola sistem Informasi sebagai sebuah strategi bisnis. Manajer harus memiliki kemampuan dan keterampilan manajerial dalam mengIntegrasikan proses bisnis dan teknologi informasi yang diterapkan dalam perusahaan. Strategi Bsinis yang dibangun dapat dimulai dengan menumbuhkan kesadaran bahwa teknologi Informasi merupakan sumber daya bukan hanya sekedar investasi belaka. Disinilah diperlukan kemampuan untuk mengelola perubahan tersebut. Para manajer bisnis seyogyanya harus terampil mengelola perubahan dalam memanfaatkan teknologi baru terkait dengan perubahan perilaku orang yang ada di tempat kerja. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Keri E. Pearlson dan Carol S. Saunders (2010):

 

Adding Information Systems to an existing organization,however,requires the ability to manage change. The skilled business manager must balance the benefits of introducing new technology with the costs associated with changing the existing behaviors of people in the workplace

 

Oleh karena setiap perubahan yang terjadi akan memberikan konsekuensi dan resiko baru maka pemahaman sistem Informasi sebagai bagian melekat Dalam bisnis harus mampu diterjemahkan dalam setiap level manajemen khususnya top manajemen. So…. kalau anda benar-benar ingin menjadi manajer yang mampu mempengaruhi laju perusahaan maka kuasailah informasi sebagai strategi bukan hanya sebagai bagian dari teknis belaka. Bagaimana peran manajer seharusnya? Lihat tulisan saya berikutnya.

Daftar Pustaka

Pearlson Keri E., C. Saunders Carol.(2010).Managing & Using Information Systems; A Strategic Approach, United State Of America : John Wiley & Sons, Inc.


Leave a Reply