Nama Mata Kuliah/Course/Credit | Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak/Software Requirements Engineering/2 |
Kode Mata Kuliah/Course Code | MI1042 |
Semester/semester | 2 (Genap) |
Program Studi/Departement | Manajemen Informatika/Information Management |
Fakultas/School | Fakultas Ilmu Terapan/School of Applied Science |
Universitas/University | Telkom University |
Kompetensi/Competency
Kompetensi | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan Pembangunan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) |
Tools/alat bantu
Aplikasi bantu | Microsoft Visio, Powerdesigner 6 atau 15, Easycase |
abstraksi/abstract
Suatu Perangkat Lunak menjadi kebutuhan manusia dengan berbagai bagian disiplin ilmu yang dibidangi setiap tenaga profesionalnya, menjadi bagian penting yang melatarbelakangi tumbuhnya perkembangan perangkat lunak dengan berbagai krisis perangkat lunak menurut berbagai sisi pandang konsmen, manajer dan pengembang/praktisi.
Rekayasa Perangkat Lunak berasal dari 2 kata Rekayasa dan Perangkat Lunak. Rekayasa Perangkat Lunak merupakan perihal kegiatan yang kreatif dan sistematis berdasar suatu disiplin ilmu yang membangun suatu perangkat lunak berdasar suatu aspek masalah tertentu.Dalam Rekayasa Perangkat Lunak dilakukan Proses Perangkat Lunak dengan menggunakan model Proses yang merupakan Daur Hidup Rekayasa Perangkat Lunak. Model Proses ini terdiri dari beberapa karakteristik pendekatan proses. Dalam Proses pembangunan Perangkat Lunak perlu diketahui Biaya yang dikeluarkan.
berikut ini adalah video terkait dengan konsep dasar Software engineering.
buku referensi yang digunakan dalam perkuliahan adalah
Roger S. Pressman | Software Engineering
The eighth edition of Software Engineering: A Practitioner’s Approach has been designed to consolidate and restructure the content introduced over the past two editions of the book. The chapter structure will return to a more linear presentation of software engineering topics with a direct emphasis on the major activities that are part of a generic software process. Content will focus on widely used software engineering methods and will de-emphasize or completely eliminate discussion of secondary methods, tools and techniques. The intent is to provide a more targeted, prescriptive, and focused approach, while attempting to maintain SEPA’s reputation as a comprehensive guide to software engineering. sumber : klik |
Ian Sommerville | Software Engineering
Software Engineering presents a broad perspective on software systems engineering, concentrating on widely-used techniques for developing large-scale software systems. Sumber : Klik |
Modul Internal TEL-U | Rekayasa Perangkat LunakModul ini merupakan modul Rekayasa Perangkat Lunak, isinya berupa rangkuman materi yang dibutuhkan untuk memahami RPL dengan mudah.Sumber : Klik |
Berikut ini adalah materi setiap pertemuan perkuliahan.
Pertemuan |
Kajian |
KOMPETENSI DASAR |
POKOK BAHASAN DALAM MATA KULIAH |
SUB POKOK BAHASAN |
METODE |
SLIDE |
TGL. REVISI |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1 |
Konsep Proses Rekayasa |
Mendefinisikan Konsep Umum Proses Rekayasa Perangkat Lunak |
Konsep Umum Proses Rekayasa Perangkat Lunak |
Prinsip Rekayasa Perangkat Lunak |
Self-Directed Learning |
7 Januari 2014 |
|
2 |
Siklus Hidup Perangkat Lunak |
7 |
|||||
3 |
Model |
7 |
|||||
4 |
Menyusun Kebutuhan Perangkat Lunak |
Kebutuhan Perangkat Lunak |
Konsep Kebutuhan Perangkat Lunak |
Self-Directed Learning Cooperative |
– |
7 |
|
5 |
Definisi Kebutuhan Perangkat Lunak |
|
7 |
||||
6 |
ASSESMENT 1 |
||||||
7 |
Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
Merumuskan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
Kebutuhan Fungsional |
Cooperative Learning |
7 |
|
8 |
Kebutuhan Antar Muka Eksternal |
|
|
||||
9 |
Perangkat Pemodelan Terstruktur |
7 |
|||||
10 |
Diagram |
7 |
|||||
11 |
Kamus Data |
7 |
|||||
12 |
Spesifikasi Proses |
|
7 |
||||
13 |
ASSESMENT 2 |
||||||
14 |
Dokumen SKPL (Final |
Menghasilkan Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak |
Dokumen SKPL (Kebutuhan |
Cooperative Learning |
PT12 & SKPL |
7 |
15 |
Dokumen SKPL (Diagram Aliran |
7 |
|||||
16 |
ASSESMENT 3 |
Lampiran
3 responses to “Software Requirements Engineering”
Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
My blog
artikelnya cukup membantu dalam mata kuliah software
My blog
semoga bermanfaat